Halaman

Jumat, 20 September 2013

5 Hal Penghambat Kredibilitas Anda

Kredibilitas memang cukup penting bagi karir Anda. Anda yang tidak memiliki kredibilitas jauh lebih sulit menapaki tangga karir ketimbang Anda yang kredibel. Memang, kredibilitas adalah suatu bentuk kepercayaan dari orang lain kepada Anda. Maka Anda harus menjaganya.
credibilty

Nah, agar Anda bisa menjadi sosok yang kredibel di kantor, Anda harus tampil secara profesional. Dan tidak bisa tidak, hal ini terkait dengan performa atau penampilan Anda. Menurut Lois P. Frankel pengarang buku Jump-Start Your Career, menyebut 50% dari kredibilitas Anda di kantor dinilai dari cara Anda tampil di hadapan orang-orang sekantor.."
So, Anda yang punya masalah dengan kredibilitas, Anda harus segera grow up. Setidaknya Anda harus menghindari hal-hal yang dapat menghambat kredibilitas Anda. Di bawah ini adalah penghambat kredibilitas menurut Lois P. Frankel:

  1. Menangis
    Menangis sampai diketahui khalayak luas di kantor jelas menurunkan kredibilitas Anda. Jika Anda menangis pada jam kerja dan menangisi sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan, apalagi di depan bos, menunjukkan Anda tidak mampu mengatasi stres dalam bisnis. Selain itu menangis membuat Anda kelihatan lemah, emosionil, dan tidak bisa mengontrol diri sendiri.
    Begitu juga jika Anda menangis di kantor karena urusan pribadi. Maka salah satu cara untuk mengerem ledakan emosi Anda, begitu Anda mengenakan busana kerja dan siap berangkat ke kantor, visualisasikan diri Anda sebagai pekerja profesional. Tanggalkan masalah pribadi, seberat apapun masalah itu.

  2. Sering mengeluh
    Orang-orang yang sering mengeluh adalah mereka yang tidak bisa menghandle masalahnya sendiri. Mereka selalu mengeluh setiap kali ada kesempatan. Entah mengeluh tentang pekerjaan yang menumpuk, bos yang menyebalkan, atau mengeluhkan fasilitas yang kurang. Hati-hati loh, semakin sering Anda mengeluh semakin buruk kinerja Anda. Dan ini membuka peluang pula pada buruknya kredibilitas Anda.

  3. Cara berbicara
    Cara paling mudah untuk menilai seseorang adalah dari cara berbicaranya. Dari cara bicara, bisa diketahui tingkat intelegensia, kecerdasan emosi, dan keseluruhan kompetensi Anda. Jika Anda berbicara terbata-bata di hadapan bos, apalagi saat presentasi, bisa menghambat kesuksesan karir Anda. "Salah satu kesalahan orang-orang kantor dalam berbicara adalah mengisi kekosongan kata dengan kata-kata ehm..eh..ah..". Kata-kata ini mengesankan keragu-raguan dan juga menyebabkan Anda tampak kurang cerdas.
    Maka jangan lupa perhatikan kecepatan dan ketepatan bicara Anda. Jika Anda ingin membicarakan sesuatu pada bos atau klien, persiapkan materi pembicaraan Anda, hingga Anda tidak tampak seperti orang bodoh.

  4. Genit dengan lawan jenis
    Ramah dengan siapa saja di kantor memang sifat positif yang harus Anda miliki dalam rangka mendapatkan simpati dan dukungan dari rekan-rekan. Tapi hati-hati, ramah yang berlebihan bisa membuat Anda dicap 'genit'. Maka jagalah keramahan Anda sewajarnya, terutama pada rekan yang berlainan jenis. Karena bergenit-genit dengan lawan jenis di kantor bisa menimbulkan salah persepsi tentang Anda.
  5. Berbusana seadanya
    Cara berbusana mencerminkan kepribadian dan profesionalisme Anda. Sepatu kets warna-warni dan celana denim memang lagi trend tapi busana semacam ini lebih cocok digunakan untuk 'dugem' daripada ke kantor. Maka gunakan pakaian yang pantas. Gaya pakaian yang tidak sesuai, membuat bos dan rekan-rekan salah mengartikan Anda. Dan cara berbusana yang buruk bisa membuat Anda kehilangan moment penting, seperti menemani klien atau mewakili bos di perusahaan lain.
Kelihatannya, hal tersebut memang sepele. Tetapi jika Anda menghindarinya Anda akan tampil menjadi sosok yang lebih profesional. Sehingga Anda pun memiliki kredibilitas di mata bos, rekan-rekan dan lingkungan kerja. Anda tertarik mencobanya? Artikel di atas sangat membantu Anda. Sukses untuk Anda!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar